Piala Eropa 2012 (Polandia – Ukraina)

VIVAbola – Perhelatan Piala Eropa 2012 dalam hitungan jam akan segera dimulai. Kota Warsawa di Polandia akan menjadi pusat perhatian jutaan pasang mata setelah mendapat kehormatan menggelar acara pembukaan perhelatan sepakbola termegah Benua Biru itu.

Warsawa telah jauh-jauh hari bersolek untuk menyambut momen pembukaan malam nanti. Di setiap sudut kota dengan mudah ditemukan gambar Slavek dan Slavko yang menjadi maskot Piala Eropa kali ini. National Stadium, stadion kebanggaan rakyat Polandia, akan menjadi tempat pembukaan Piala Eropa 2012 sebelum dilanjutkan dengan laga pembuka antara Polandia dan Yunani.

Berbagai atraksi dengan durasi 20 menit akan coba dirangkum di dalam stadion berkapasitas 58.500 tempat duduk itu. Adalah Marco Balich yang akan menjadi sosok penting dari acara pembukaan malam nanti. Executive Producer Filmmaster Events ini memang telah tersohor untuk urusan menggelar pembukaan dan penutupan event olahraga besar.

Balich sebelumnya juga telah sukses menggarap acara pembukaan dan penutupan Olimpiade Musim Dingin Turin 2006 dan peresmian Donbass Arena pada 2009 di Donetsk, Ukraina. Kali ini tangan dingin Balich akan coba menghipnotis jutaan mata di seluruh dunia.

Untuk tema pembukaan Piala Eropa 2012 ini, Balich mencoba menggabungkan unsur kebudayaan dan olahraga. “Ini adalah momen bersejarah ketika Piala Eropa digelar di Eropa Timur dan Eropa Tengah untuk kali pertama. Pembukaan akan melukiskan kesatuan, rivalitas, dan tentu hasrat tim yang bertanding,” kata Balich kepada uefa.com.

Untuk menambah nilai jual dari acara pembukaan ini, Balich juga menggandeng pianis ternama Hungaria Adam Gyorgy yang akan menampilkan karya klasik Chopin Etude. Dan kebetulan, sosok Gyorgy yang belum lama merayakan ulang tahunnya yang ke-30 juga merupakan pesepakbola dan atlet futsal Hungaria.

Gyorgy rencananya juga akan berkolaborasi dengan Disk Jockey (DJ) kondang asal Italia, DJ Karmatronic. DJ kelahiran Milan ini memang dikenal sebagai salah satu DJ papan atas dunia setelah sukses berkolaborasi dengan beberapa artis dunia macam Beyonce. Dalam acara pembukaan ini, Gyorgy dan Karmatronic akan membawakan sebuah penampilan berjudul “The Game of the World”.

Acara pembukaan ini sendiri akan melibatkan 800 personil yang berasal dari 63 negara. Diperkirakan, acara pembukaan pesta sepakbola termegah di Eropa ini akan disaksikan lebih dari 150 juta orang di seluruh penjuru dunia.

Terganjal Tiket dan Hotel yang Mahal

Sayangnya, kemeriahan Piala Eropa 2012 juga sedikit terancam dengan adanya beberapa gangguan non teknis. Harga  tiket pertandingan melambung dan sewa penginapan yang mahal hingga kasus rasisme masih menjadi ganjalan.

UEFA menyatakan sampai saat ini masih terdapat 10 ribu lembar tiket yang belum terjual untuk pertandingan yang berlangsung di Ukraina. Yang lebih mengejutkan lagi, jelang H-1 pembukaan Piala Eropa, tiket final belum ludes terjual.

“Masih ada sejumlah tiket yang tersedia untuk beberapa pertandingan di Ukraina. Tiket yang belum terjual merepresentasikan sekitar 0,8% dari sekitar 1,4 juta tiket yang dilepas ke pasar” demikian bunyi pernyataan resmi UEFA.

Kendati belum mencapai target penjualan jelang dimulainya Piala Eropa, UEFA optimistis sekitar 10 ribu tiket akan segera berpindah tangan ke para suporter. “Hingga kini  tersisa sekitar 10 ribu tiket yang belum terjual. Kami yakin bahwa tiket itu akan terjual dalam beberapa hari lagi.”

“Secara keseluruhan, tiket yang sudah terjual sekitar 99 persen. Karena kami telah menjual 1,4 juta tiket. Angka satu persen yang tersisa, bukanlah hal yang buruk,” sambung pernyataan UEFA di situs resminya

Bukan hanya karcis masuk stadion, UEFA juga melansir laporan masih ada beberapa paket penginapan yang masih tersisa di Ukraina. “Ada beberapa paket akomodasi yang masih tersedia untuk beberapa pertandingan, termasuk pertandingan final pada 1 Juli di Kiev.”

Jarak yang terbilang jauh plus melonjaknya biaya operasional antar venua di Polandia dan Ukraina membuat fans tampaknya lebih memilih mengamati perjalanan tim kesayangannya dari jauh.

“Sulit mendapatkan penerbangan ke Kiev dengan harga yang relatif murah. Dan jarak antar venue begitu jauh membuat dana yang dikeluarkan menjadi besar. Mahalnya tarif hotel juga menjadi salah satu masalah,” kata Kevin Miles yang menjadi juru bicara Federasi Supporter Inggris.

Rasis Tak Tempat di Polandia dan Ukraina

Salah satu masalah yang juga mendapat perhatian khusus UEFA adalah tindakan rasis. Presiden UEFA, Michel Platini tampaknya tak akan lagi mentolerir tindakan rasis di Polandia dan Ukraina.

Bahkan, Platini dengan lantang mempersilakan wasit untuk menghentikan pertandingan jika terjadi tindakan rasis saat pertandingan sedang berlangsung. “Wasit dapat menghentikan pertandingan karena wasit memiliki kekuatan dalam menghadapi kasus rasisme,” kata Platini seperti dilansir BBC.

Komentar Platini ini menanggapi pernyataan Balotelli beberapa waktu lalu mengenai masalah rasisme di Piala Eropa 2012 Polandia dan Ukraina. Balotelli mengatakan akan meninggalkan lapangan apabila terjadi serangan rasis kepada dirinya saat pertandingan berlangsung.

“Itu harus diganjar kartu kuning. Bukan pemain yang harus menghakimi kejadian seperti itu, namun wasit lah yang berhak memutuskan bagaimana menghadapi rasisme saat pertandingan,” lanjut Platini yang telah menjabata sebagai Presiden UEFA sejak Januari 2007 ini.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, rasisme menjadi kekhawatiran terbesar dalam perhelatan akbar ini. Apalagi menyusul beredar beberapa video yang menggambarkan bagaimana tindakan rasis masih sangat kental dalam sepakbola Polandia dan Ukraina.

“Ini adalah tantangan besar bagi Polandia, tantangan besar untuk Ukraina, tantangan besar juga untuk UEFA . Namun, sejauh ini kami telah melakukan yang terbaik,” tegas Platini.

Pemerintah Inggris Boikot Ukraina

Pemerintah Inggris memutuskan untuk memboikot laga penyisihan timnas Inggris di Euro 2012 yang akan dilaksanakan di Ukraina. Aksi ini sebagai bentuk protes Inggris atas pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah Ukraina terhadap pemimpin oposisi, Yulia Tymoshenko.

Meskipun menegaskan tetap mendukung usaha Steven Gerrard Cs di Euro, tapi pemerintah Inggris menyatakan tidak ada menteri yang akan berkunjung ke Ukraina. Aksi pemerintah Inggris ini mengikuti jejak pemerintah Jerman dan Perancis yang telah terlebih dahulu mengeluarkan aksi serupa.

Dengan keputusan ini, maka perjuangan keras timnas Inggris di Euro tidak akan disaksikan langsung oleh pejabat mereka. Timnas Inggris tergabung di grup D bersama Ukraina, Perancis dan Swedia. Seluruh laga tersebut akan digelar di stadion-stadion yang berada di Ukraina.

“Pemerintah mendukung penuh partisipasi Inggris di Euro 2012. Kami berharap timnas Inggris bisa meraih kesuksesan di turnamen ini, dan juga bagi para fans di Ukraina dan Polandia,” tulis pernyataan resmi Departemen Luar Negeri Inggris seperti dilansir Soccerway, Jumat, 8 Juni 2012.

“Tidak ada pejabat kementerian yang akan menghadiri pertandingan babak grup di Euro 2012. Kami sedang meninjau peluang bisa hadir di babak selanjutnya karena kesibukan jelang Olimpiade dan perhatian serius tentang keadilan dan hukum di Ukraina,” lanjutnya.

Inggris menaruh perhatian khusus terhadap Tymoshenko yang dijatuhi hukuman penjara selama tujuh tahun sejak 2011. Mantan Perdana Menteri Ukraina yang kini menjadi pemimpin oposisi itu menggelar mogok makan pada bulan April lalu setelah mengaku mendapat siksaan dari sipir penjara.

Terlepas dari beberapa masalah yang ada, Piala Eropa 2012 dipastikan akan menjadi momen penting bagi rakyat Polandia dan Ukraina. Negara Eropa Timur dan Eropa Tengah ini tentu akan bahu membahu untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi 14 negara peserta lainnya. Semoga. (sj)

sumber : http://bola.vivanews.com/news/read/322418-menanti-semarak-pembukaan-piala-eropa-2012

This entry was posted in Sports and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s