Setahun Sekali, Periksakan Urin untuk Cek Ginjal Anda!

Pakar dan konsultan ginjal hipertensi Rumah Sakit Umum Pusat  dr Kariadi Semarang dokter Shofa Chasani Sp.PD-KGH menyarankan pemeriksaan urin berkala sebagai langkah dini untuk mengecek fungsi ginjal.

“Penyakit ginjal biasanya dirasakan setelah pasien merasakan ginjalnya benar-benar mencapai gangguan yang parah. Biasanya, pasien datang berobat sudah mencapai stadium tiga hingga lima,” katanya di Semarang, Senin.

Akibatnya, kata dia, pasien penyakit ginjal yang sudah mencapai stadium tersebut terpaksa harus menjalani cuci darah (hemodialisis) untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada organ ginjalnya tersebut.

Menurut dia, penderita gangguan gagal ginjal hampir tidak menyadari terjadinya penurunan fungsi organ ginjalnya, terutama pada stadium-stadium awal, dan baru merasakan saat tingkat gangguan sudah cukup parah.

Karena itu, ia menyarankan untuk melakukan pemeriksaan urin secara berkala untuk mendeteksi secara dini fungsi organ ginjal dan jika terjadi gangguan bisa segera dilakukan penanganan secara dini pula.

Ia menjelaskan faktor risiko mengidap penyakit ginjal sebenarnya bisa terdeteksi dari cairan urin yang dikeluarkan pada pagi hari, misalnya urine yang mengandung protein patut diwaspadai menderita penyakit ginjal.

Untuk kalangan masyarakat umumnya, kata dia, pemeriksaan urin bisa dilakukan setidaknya sekali dalam satu tahun, sedangkan pemilik riwayat hipertensi dan lemak tinggi sebaiknya melakukannya setengah tahun sekali.

sumber : http://www.sehatnews.com/2012/04/10/setahun-sekali-periksakan-urin-untuk-cek-ginjal-anda/

This entry was posted in Healthy and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s